USTAD ABAL-ABAL

Seorang teman lewat WA merekomendasikan ustad yang katanya ilmu agamanya sangat luas, menguasai 4 mazhab,memahami seluruh hadist dan berbagai tafsir Al Quran. Dan hebatnya lagi menguasai 5 bahasa asing utama dunia.Menurut teman tersebut sang ustad ini tidak mau menampakkan wajah dan suaranya karena takut akan riya’ dan dikultuskan oleh jamaahnya. Selain itu wajah beliau separuh hancur dan pita suara rusak karena berjihad dimana-mana. Wow Amazing batin saya. Akhirnya dengan penasaran aku ikut joint grup WA,joint rup facebook dan masuk ke web nya.

Setelah beberapa lama aku mengikuti pengajian beliau memang sungguh luas sekali ilmu nya. Tinggi adab dan adem dalam memberi solusi seolah-olah paham tentang karakter ku. Semua pertanyaan dijawab dengan tata bahasa yang menunjukkan ketinggian ilmu. Beberapa waktu kemudian aku menyebarkan tentang ustad itu ke seluruh kenalan. Tetapi yang agak janggal adalah sewaktu seorang kenalan menunjukkan jawaban dari ustad tersebut ke WA nya berbeda bahasa dan adab yang digunakan. Kalau dengan kawan tersebut menggunakan bahasa gaul dan pop.

Sebagai seorang IT rasa ingin tahuku tergelitik. Akhirnya kubuat beberapa akun FB dengan berbagai profil. Dan aku ajukan pertanyaan yang sama ternyata diluar dugaan jawaban yang kuterima berbeda-beda dan yang lebih ngeri ada satu profile yang menerima jawaban dari ustad tersebut untuk berjihad dengan jalan tercela. Hmmm ini pasti mesin AI batinku.

DI tempat lain pada saat yang sama ketika aku menerima jawaban, di institusi penelitian yang dibiayai Israel (hehe biar seru) beberapa expert diberbagai bidang berkumpul untuk mengembangkan AI (kecerdasan buatan) ULAMA. Dimana semua ilmu agama Islam dimasukkan kedalam mesin dan siap menjawab lebih canggih dan luas ilmu dibanding ustad biasa. Selain itu jawaban-jawaban juga mengikuti profile Anda di media sosial. Hiiii ngeriii.

(Cerita ini hanya rekaan dilatar belakangi maraknya pengembangan AI. Menurut berita di majalah info komputer di Amerika sedang dilakuka penelitian AI psikopat bagaimana sebuah komputer akan diajari dan berprilaku seperti psikopat dengan memasukkan berbagai macam data-data kejahatan dll)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *