TIMBUNAN INFORMASI ? WHAT’S NEXT?

“Eh, Artis ini lagi bermasalah dengan infotainment lho?” ….Mungkin jawab anda “Aku Tahu “…What’s next?
“ Eh, Pelatih ini dipecat dari Klub itu lho ?” ….Mungkin jawab anda “Aku Tahu … What’s next ?
“Eh, Pak A jadi Menteri lho?”….Mungkin jawab anda “Aku Tahu … What’s next?

Saat ini bagi yang terhubung dengan internet semua informasi dapat diperoleh dengan mudah dan cepat. Dari berita diujung alaska sampai ujung kulon bisa tersaji dengan hangat sehangat kopi yang menemani saat berselancar.

Tetapi cukupkah hanya tahu informasi saja? Cukup jika anda hanya supaya bisa nyambung ngomong dengan berbagai macam dan tipe orang. Tetapi kalau untuk mencapai sebesar-besar kemaslahatan untuk anda maka mewujudkan informasi yang diketahui menjadi hal yang berguna (baca pengetahuan) adalah langkah wajib.

Kita ambil contoh, saya pernah kenal seorang wanita yang hobi mengkoleksi resep masakan. Bukunya bejibun, majalah atau tabloid kuliner dia lahap habis (bukan dimakan lho he..he..). Tetapi apa yang terjadi? Apakah dia membuka bisnis retoran? Apakah dia memasak untuk keluarganya tiap hari dengan menu yang berbeda seperti yang dia baca? Tidak…”Saya senang membaca tentang masakan titik” Apa salah ? Tentu tidak daripada dia baca buku porno he..he..Tetapi wanita tersebut hanya sekedar tahu.Tetapi belum mengoptimalkan ‘ketahuannya’ untuk kemasalahatan dirinya.

Didalam ilmu informasi posisi wanita tersebut adalah masih tahap informasi belum menjadi pengetahuan. tahapan terbentuknya pengetahuan ini menunjukkannya.

Data—>Informasi—>Pengetahuan

Sehingga hanya tahu (tahap informasi) ? Belum menjadi pengetahuan karena belum direalisasikan/diujicobakan?

Untuk pertanyaan diawal tulisan.
1.Jika tahu si artis bermasalah dengan infotainment gara-gara twiternya maka agar informasi tersebut menjadi pengetahuan maka buat akun twiter, klo nulis meskipun di internet maka nulis yang baik jangan menyinggung..bla…bla.. yang lain. Kalau anda sudah mengambil tindakan itu maka anda sudah berpengetahuan tidak hanya tahu informasi.
2.Yang lainnya jawab sendiri he..he..

So , Anda sudah sampai tahap mana ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *