PEMERCIK API TAKDIR KEBAIKAN

“Setiap orang bisa menjadi pahlawan meskipun hanya memberikan syal hangat dan menenangkan seorang anak ketika kehilangan orangtuanya” Kata Batman kepada inspektur Gordon di Film Batman 3. Hanya karena tindakan kecil sang inspektur maka bruce wayne menjadi terinspirasi bahwa meski dia kehilangan orang tua karena tindak kejahatan masih ada orang baik didunianya.

Amalan atau kebaikan kita meski kecil adalah ibarat kita melemparkan batu kecil didanau. Riaknya akan menyebar kemana-mana. Ini kisahnyata disebuah desa di Jawa Timur, ada serombongan anak KKN yang membantu desa tersebut dengan 2 ekor kambing . Setelah mereka selesai KKN kambing-kambing tersebut diberdayakan oleh seorang wanita di desa tersebut sehingga beranak-pinak dan bisa dijadikan modal untuk membangun tempat pengajaran Al-Qur’an dan membayar gurunya. Singkat cerita desa yang tadinya minus sekarang menjadi makmur.

Demikian pula sebaliknya dengan dosa atau kejahatan kecil.Sebagai ilustrasi ada seorang penjaga toko kelontong yang terlambat membuka tokonya karena dia semalaman begadang menonton bola. Ketika seorang anak kecil akan membeli minyak goreng  ke tokonya dia berpindahke toko diseberang jalan karena toko tersebut masih tutup. Ibunya sudah melarang si anak tersebut untuk keluar dari komplek perumahan. Tetapi anak kecil itu takut pulang tanpa membawa minyak goreng . Dia memberanikan diri menyebrang jalan. Di sebuah tikungan ada seorang pemuda mengendarai motor dengan kencang karena dia juga bangun kesiangan padahal dia ada ujian akhir dikampusnya. Dan brak terjadilah, si pemuda menabrak si anak kecil tersebut .

Demikianlah kadang hal-hal kecil bisa berakibat besarsehingga Allah tidak lupa menghitung amalan kebaikan ataupun kejahatan walaupunsebesar biji atom sekalipun. So tidak usah menunggu kita sekaya Bill Gates baru beramal atau setenar selebritis untuk menggerakan perubahan cukup dengan kondisi kita sekarang saja banyak hal yang bisa kita lakukan. Marilah kita menjadi pemercik api takdir kebaikan meskipun kecil. Maukan anda? 😀

Mungkin iklan dari Thailand ini bisa menjadi renungan : http://www.youtube.com/watch?v=OoqxlYjtq-k

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *